TATA CARA AQIQAH MENURUT AGAMA ISLAM YANG PERLU ANDA KETAHUI

Memiliki sang buah hati merupakan sebuah anugerah yang tidak terkira nilainya. Bahkan tidak sedikit orang tua yang menyambut kelahiran sang buah hati merayakan dengan cara yang berbeda. Dalam budaya islam, untuk mensyukuri kelahiran sang buah hati biasanya para orang tua menjalankan ibadah aqiqah. Karena hal inilah yang membuat layanan jasa aqiqah yang sangat mudah untuk kita jumpai. Kebutuhan untuk aqiqah anak saat ini meningkat dengan pesat dan membuat banyak peluang juga semakin tinggi. Walaupun saat ini sudah banyak orang yang menggunakan jasa catering aqiqah. Namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu sebenarnya aqiqah. Pengertian aqiqah secara bahasa yaitu memotong, sedangkan dalam istilah bahasa aqiqah adalah menyembelih hewan ternak sebagai rasa syukur atas kelahiran buah hati. Biasanya acara aqiqah yang diselenggarakan ini disertai dengan pemotongan rambut dan juga pemberian nama untuk sang buah hati. Untuk acara aqiqah sendiri ini biasanya diselenggarakan pada saat bayi sudah berusia 7 hari. Untuk hukum dalam melaksanakan aqiqah ini adalah sunnah muakkad. Dimana ibadah ini wajib untuk dilaksanakan oleh semua umat muslim yang mampu dalam hal materi. Namun untuk usia anak yang sudah baligh, ditanggung orang tua untuk melakukan aqiqah untuk sang buah hati gugur. 

aqiqah

Tata Cara Aqiqah Menurut Agama Islam 

Acara aqiqah pada umumnya sangat identik dengan penyembelihan hewan aqiqah, jadi tidak heran jika acara aqiqah tentunya akan membutuhkan jasa catering aqiqah. Hal tersebut dilakukan dan paling dipilih banyak orang tua karena hal ini lebih praktis dan juga mudah. Dengan adanya jasa catering aqiqah untuk melakukan penyembelihan hewan, pemotongan daging dan juga pengolahan semuanya dilakukan oleh jasa catering tersebut. Akan tetapi tidak semua jasa aqiqah ini bisa langsung anda percaya. Anda harus lebih berhati-hati dan juga lebih selektif dalam memilih. Berikut ini adalah hal penting yang bisa anda jadikan pertimbangan agar melaksanakan ibadah aqiqah dengan baik.

  • Menyembelih hewan aqiqah

Aqiqah sendiri memang identik dengan menyembelih hewan kambing. Namun untuk saat ini menyembelih hewan kambing aqiqah merupakan hal yang sangat merepotkan. Hal inilah yang membuat ada banyak orang yang lebih memilih membeli paket aqiqah yang sudah siap untuk digunakan acara aqiqah. Untuk jumlah kambing yang digunakan untuk aqiqah juga berbeda-beda untuk anak laki-laki membutuhkan dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan membutuhkan satu ekor kambing saja. 

  • Masakan daging aqiqah

Tata cara aqiqah yang perlu anda ketahui selanjutnya yaitu memasak daging hewan aqiqah yang akan disembelih untuk aqiqah. Pendapat ulama pertama mengatakan bahwa daging aqiqah yang dimasak terlebih dahulu kemudian untuk dibagikan. Namun juga ada yang mengatakan bahwa membagikan daging seperti daging kurban yang tidak dimasak terlebih dahulu. Namun jamhur ulama menganjurkan sebaiknya daging tersebut dimasak terlebih dahulu lalu dibagikan. 

  • Membagikan daging aqiqah

Dalam riyawat AL-Buyhaqi sudah dijelaskan bahwa daging aqiqah ini sebagian dimakan. Sedangkan untuk bagian daging yang lainnya dibagikan kepada orang-orang. Tata cara untuk membagikan daging aqiqah juga sama dengan daging kurban. Sebagian daging diberikan kepada keluarga muslim yang melaksanakan aqiqah tersebut. Dan sebagian yang lainnya dibagikan untuk para tetangga dan juga untuk fakir miskin. Namun seperti yang sudah dijelaskan bahwa daging aqiqah yang dibagikan ini dilakukan dengan cara dimasak terlebih dahulu atau bahkan tidak dimasak.